Hindari Beberapa Hal Ini dalam Membuat sebuah Website

Hindari Beberapa Hal Ini dalam Membuat sebuah Website

Secara umum, sebuah website haruslah dibuat secara efisien, mudah dinavigasi, dan menyenangkan secara visual. Dan juga, sebuah website seharusnya membuat Anda merasa “Ahh …” dan bukannya “Agh!” Ketika Anda membangun sebuah website, terdapat begitu banyak hal yang harus dipikirkan, dan aspek-aspek penting tertentu dapat diabaikan. Namun, terdapat beberapa hal yang harus dihindari dalam membangun sebuah website, apalagi untuk bisnis. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut adalah ulasannya:

  1. Tidak memiliki rencana sama sekali

Saat membangun sebuah website, hal ini hampir sama dengan membuka toko, restoran, atau jenis bisnis lainnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah rencana.

Anda harus memahami audiens target Anda, USP Anda (proposisi penjualan unik), bagaimana Anda akan mempromosikan website Anda, dan pertumbuhan lebih lanjut. Setiap tahap pengembangan website membutuhkan banyak penelitian dan tanpa melakukan ini, Anda akan secara “buta” membangun website tersebut dan berharap bahwa itulah yang diinginkan audiens Anda, tanpa mengetahuinya. Tidak memiliki rencana dalam membangun sebuah website adalah salah satu kesalahan terbesar yang harus dihindari.

Solusi: sangat sederhana, yaitu buatlah rencana yang matang.

  1. Menggunakan nama domain yang tidak konsisten

Saat memilih nama domain untuk mewakili identitas online Anda, nama tersebut harus relevan dengan bisnis Anda, dan mudah diingat oleh para pelanggan yang ada. Nama domain yang paling berkesan, biasanya yang paling sukses.

Solusi: lakukan riset, dan temukan nama domain yang mendefinisikan bisnis Anda dan konsisten dengan brand yang Anda miliki.

  1. Memiliki halaman home yang berantakan

Ketika melihat kesalahan yang harus dihindari ketika membangun sebuah website, memiliki bagian beranda atau “home” yang berantakan pasti adalah salah satunya. Karena ada begitu banyak konten online, pengunjung website pastinya memiliki sedikit kesabaran sehingga jika hal pertama yang mereka lihat ketika mengunjungi website Anda adalah bagian home yang berantakan, maka website tersebut tidak akan ditelusuri lebih lanjut oleh pengunjung sebelum Anda dapat menunjukkan nilai lebihnya kepada mereka.

Solusi: Buatlah bagian beranda website yang simple, tertata dengan baik serta memiliki navigasi yang jelas.

  1. Penggunaan widget yang tidak efektif

Widget merupakan sebuah plugin yang sangat bagus untuk segala jenis website, tetapi hanya memiliki yang benar-benar bermanfaat untuk website And adalah hal yang sangat penting. Dengan WordPress misalnya, mereka memiliki ribuan widget yang dapat Anda instal dan ini mungkin tampak hebat pada saat itu, tetapi semakin banyak Anda menginstalnya, semakin besar dampaknya terhadap website Anda, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk memuatnya.

Solusi: Gunakan widget yang Anda tahu akan Anda gunakan, dan yang akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda secara online. Saat memilih widget, pastikan itu responsif, dan dapat ditata agar sesuai dengan website Anda.

  1. Tidak memiliki fitur pencarian

Website Anda pada intinya adalah sebuah arsip informasi, jadi jika jika pengunjung tidak dapat menavigasinya melalui fitur pencarian untuk menemukan informasi yang mereka inginkan, maka mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk menelusuri website Anda lebih lanjut.

Solusi: salin kode HTML dari panel kontrol Anda, dan tempelkan ke website Anda untuk memberi pengguna Anda fungsi pencarian yang mereka butuhkan.

  1. Melupakan faktor SEO

Sementara SEO adalah proses yang berkelanjutan, sangat penting bahwa ketika membangun sebuah website, ini adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan. Agar website Anda dapat ditemukan di mesin pencari, Anda perlu memiliki metadata yang menggunakan kata kunci Anda, dan didasarkan pada bagaimana audiens Anda mencari produk / layanan yang Anda miliki.

Solusi: Menyewa jasa SEO berpengalaman yang ada di daerah Anda.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari serta solusinya dalam membangun sebuah website. Apabila Anda benar-benar kesulitan dalam melakukan beberapa hal tersebut. Anda cukup mengunjungi tempat yang menawarkan jasa pembuatan website dan berkonsultasi tentang website seperti apa yang Anda butuhkan.