Beli Sepatu Kekecilan atau Kebesaran? Akali dengan 5 Trik Berikut!

Beli Sepatu Kekecilan atau Kebesaran? Akali dengan 5 Trik Berikut!

Zaman now, kita bisa membeli benda favorit hanya dengan ujung jari. Tinggal klik, klik, klik, lalu menunggu pesanan datang sampai depan pintu. Mudah, murah, hemat, dan efisien banget! Meski, kemudahan seperti ini terkadang bawa masalah saat benda yang kita beli adalah sepatu atau sandal. Ukuran sih sudah sama dengan sepatu atau sandal yang kita gunakan biasanya, tapi ketika barang datang, masih saja kekecilan atau kebesaran. Kok bisa? Banyak faktor sih yang menyebabkan ukuran sepatu tidak pas dengan kaki padahal nomornya sudah sesuai dengan ukuran kita. Salah satunya adalah perbedaan bahan juga ukuran kaki yang membesar atau mengecil tanpa kita sadari.

Untuk mengatasi problema pelik ini, Five ten mempersembahkan tips atasi ukuran sepatu yang tak sesuai. Yuk, simak!

  1. Manfaatkan hair dryer

Selain berfungsi untuk mengeringkan rambut, hair dryer ternyata bisa digunakan untuk atasi masalah sepatu yang kekecilan. Pertama-tama, siapkan hair dryer dan kaos kaki tebal. Pakai kaos kaki dan sepatu Anda lalu nyalakan hair dryer dan arahkan ke bagian sepatu yang terasa sempit. Arahkan dari jarak aman yaitu 10 cm selama kurang lebih 30 detik dan lakukan gerakan memutar atau menggoyangkan kaki agar kulit sepatu tidak rusak. Cara ini ampuh membuat kulit sepatu melar khususnya untuk sepatu yang terbuat dari kulit.

  1. Gunakan koran dan air

Jika sepatu kekecilan Anda berbahan kain, teknik ini sangat cocok untuk dipraktekkan. Metode koran basah ini sangat efektif meski akibatnya sepatu jadi basah dan perlu waktu untuk mengeringkannya sebelum digunakan. Caranya, siapkan koran lalu basahi dengan air. Remas koran hingga lepek lalu masukkan ke dalam sepatu, lakukan berulang hingga koran memadati semua bagian dalam sepatu. Pada fase ini, sepatu akan terlihat lebih besar dan bengkak. Simpan sepatu semalaman di tempat yang aman lalu keringkan sebelum digunakan.

  1. Manfaatkan batu es

Cara terakhir untuk mengatasi sepatu yang kekecilan ini memang terbilang unik sebab menggunakan freezer untuk membekukan sepatu. Caranya, isi kantong plastic bening dengan air lalu masukkan ke dalam sepatu. Usahakan ruang di dalam sepatu semuanya terisi dengan plastic air ini. Kemudian masukkan sepatu ke dalam freezer dan biarkan hingga air di dalam plastic membeku semalaman. Terakhir, keluarkan sepatu dan tunggu sampai batus es mencair kembali. Sepatu siap digunakan dengan ukuran yang sudah bertambah besar.

  1. Gunakan kaos kaki/kapas

Trik keempat ini dikhususkan untuk Anda yang telanjur membeli sepatu kebesaran. Daripada harus menukar kembali, coba Anda akali dengan menggunakan kaos kaki atau kapas lembut sebagai pengganjal. Dengan begitu, ukuran sepatu bisa Anda sesuaikan tanpa harus merombak sepatu. Cara ini juga terbilang praktis dan murah.

  1. Gunakan heels grip

Jika Anda ingin sesuatu yang terasa lebih permanen untuk mengatasi sepatu kebesaran, bisa gunakan heels grip. Untuk Anda yang menyukai high heels tentu familiar dengan penggunaan heels grip untuk menghindarkan kaki lecet. Namun, kabar baiknya, heels grip ini bisa Anda gunakan untuk mempersempit ukuran sepatu sehingga pas Anda kenakan. Anda tinggal meletakkan heels grip di bagian belakang sepatu dan tara, sepatu Anda jadi berukuran lebih kecil.

Itulah tadi 5 tips dan trik mengakali sepatu yang kebesaran atau kekecilan yang dirangkum Five Ten khusus untuk Anda. Tenang, jika Anda hendak membeli sepatu Five Ten di Blibli.com dan takut ukurannya tak sesuai, konfirmasikan dulu saja ukuran sepatu dalam sentimeter sebelum memutuskan, ya. Semoga bermanfaat.