Pergantian Tahun Cina,Inilah Barang Khas Imlek Yang Wajib Ada

Pergantian Tahun Cina,Inilah Barang Khas Imlek Yang Wajib Ada

Dalam setiap perayaan pasti dilakukan dengan meriah untuk menyambut hari tersebut,termasuk perayaan pergantian tahun rakyat Tionghoa atau biasa dikenal imlek.Masyarakat tionghoa memiliki kepercayaan bahwa imlek merupakan titik awal penentuan nasib dan kehidupan di tahun yang akan datang.

Perayaan tahun baru tersebut tentunya dilaksanakan dengan suka cita,untuk itu dalam perayaan tersebut tidak heran jika banyak hal-hal yang dipersiapkan untuk hari besar bagi rakyat Cina tersebut,yaitu dengan mempersiapkan barang-barang khas imlek.

Apa saja barang yang wajib ada untuk perayaan hari imlek?

Inilah Barang Khas Imlek Yang Wajib Ada Untuk Menyambut Pergantian Tahun Cina

  • Lampion

Tentu benda yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk perayaan imlek.Hampir setiap rumah masyarakat Tionghoa terdapat lampu-lampu tersebut,selain rumah tempat ibadah masyarakat Tionghoa atau sering disebut klenteng juga terpasang lampu-lampu berwarna merah tersebut.

Penggunaan lampu lampion ini,bukanlah sekedar hanya untuk hiasan atau penerang rumah saja,lampion memiliki makna sebagai penerang kehidupan dan menjadi simbol kebahagiaan,serta pengharapan baru di tahun berikutnya.

Dulunya lampion digunakan untuk menakuti hewan bernama Nian,yang mana dalam kepercayaan Cina hewan ini selalu memangsa hewan ternak,anak kecil,bahkan orang dewasa.

Lampion terdiri dari berbagai macam ukuran,jadi Anda tidak perlu khawatir akan variasi ukurannya.

  • Pohon Mei Hua

 

Jika di Hari Natal menggunakan pohon natal,maka di Hari Imlek menggunakan pohon mei hua.Pohon ini berwarna pink keputih-putihan,dan untuk lebih mempercantik tampilannya pohon mei hua biasanya dihias dengan berbagai macam pernak-pernik seperti angpao,lampion kecil,dan berbagai macam hiasan lainnya yang dapat berupa kertas emas.

Pohon mei hua memiliki makna untuk harapan,keuletan,kesejahteraan,dan kebahagiaan.Hal ini dikarenakan bunga mei hua selalu mekar di musim apapun.

  • Angapao

Jika di hari raya banyak yang menantikan THR,di hari imlek banyak yang menantikan angpao.Angapo ini berisi uang kertas dengan amplop berwarna merah.

Bukan hanya anak kecil saja yang mendapatkan benda ini,namun oran yang masih lajangpun juga diberi angpao,karena biasanya yang memberikan angpao adalah orang yang sudah menikah.

  • Petasan dan Ornamen

Seperti perayaan tahun baru biasa,perayaan imlek juga menggunakan petasan untuk memeriahkan perayaan tersebut,dan jika tidak menggunakan petasan juga menggunakan kembang api.

Selain petasan,terdapat juga oranamen berwarna merah.Dimana diyakini bahwa ornament merah dan petasan ini digunakan untuk mengusir hewan buas Nian seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Alasan kenapa ornament berwarna merah karena Nian dikenal takut dengan warna merah,untuk itu banyak lampion yang berwarna merah.

  • Baju Baru

Untuk menyambut tahun baru,rakyat Tionghoa juga mengharuskan memakai baju baru karena baju tersebut dapat memberikan harapan dan semangat yang baru di tahun yang baru.

Biasanya masyarakat Tionghoa memakai baju baru dengan warna merah atau memakai bahu khas rakyat Cina.Namun,tidak harus dengan memakai baju khas Cina tersebut yang terpenting adalah baju baru.

  • Makanan Khas

Makanan yang menjadi khas imlek adalah mie dengan untaian panjang tanpa putus dari ujung satu ke ujung yang lain,ini dipercaya agar nantinya dapat berumur panjang.

Ada juga kue keranjang dimana kue ini memiliki filosofi sebagai lambang keharmonisan dan kesejahteraan keluarga,serta kenikmatan hidup yang dijalani.

Selain itu ada juga buah jeruk mandarin dengan rasa manis dan segar,jeruk ini sering dibagikan kepada keluarga.Jeruk ini menjadi simbol keberuntungan warga Tionghoa.

Tidak hanya jeruk ada juga buah naga yang dianggap membawa hoki.

  • Lilin

Ada banyak sekali barang yang menjadi khas imlek,salah satunya lilin imlek ini.Lilin ini memiliki sebuah filosofi rizki yang terang di tahun yang baru,juga di memiliki makna sebagai lambang rasa syukur bagi orang yang terkabul doanya.

  • Pernak-pernik

Hal lain yang juga tak kalan pentingdari imlek adalah pernak-pernik yang dijadikan sebagai dekorasi.Biasanya pernak-pernik yang digunakan ini berwarna merah,karena warna merah warna yang sangat identik dengan imlek dan juga dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Pernak-pernik ini biasanya digunakan untuk hiasan dinding,perlengkapan makan,dan ornament lucu.

Itulah beberapa barang khas imlek yang biasanya digunakan dalam perayaan imlek.Dengan adanya barang tersebut,tentunya perayaan imlek terasa semakin meriah.

Terlebih jika barang tersebut dapat Anda dapatkan langsung dari Cina.Bagi Anda yang menginginkan barang imlek tersebut langsung dari Cina tapi tidak harus pergi ke Cina,kalian dapat berkunjung di 1world.id untuk itu Anda dapat mengetahui informasi seputar impor barang dari Cina yang memuaskan.

Semoga Bermanfaat.