Kiat Membersihkan Jok Kulit Dengan Cairan Kimia Tanpa Khawatir Rusak

Kiat Membersihkan Jok Kulit Dengan Cairan Kimia Tanpa Khawatir Rusak

Masih banyak yang keliru dalam mengaplikasikan sebuah produk ketika membersihkan jok kulit kendaraan pribadinya. Buahnya, jok menjadi rusak. Mulai dari warnanya yang memudar, sampai kulit mengalami retak-retak dan sobek.

Sebenarnya, kondisi semacam itu bisa diminimalisir. Dan kali ini, kami akan bagikan tentang apa yang sebaiknya dilakukan dalam membersihkan sekaligus menjaga keawetan jok tersebut.

membersihkan jok kulit

baca juga jasa cuci jok mobil jakarta

Tahap Pertama

Tahapan awal dimulai dengan melakukan penyedotan debu. Sedot debu ke seluruh permukaan. Awali dengan menyedotnya per bagian saja.

Penyedotan ini harus dilakukan secara menyeluruh. Pembersihannya sampai ke area yang paling sulit. Contohnya adalah lipatan yang menjadi tempat persembunyian dari debu maupun kotoran.

Tahap Kedua

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengelapan. Pengelapan ini bisa dipahami sebagai bagian dari pencucian jok. Perlengkapan utamanya adalah kain lap yang lembut. Sementara bahan utamanya adalah produk yang sesuai.

Produk ini bisa didapatkan di marketplace atau semacamnya. Produk ini mengandung bahan kimia yang fungsinya untuk menghilangkan noda sekaligus mengkilapkan.

Pada proses pembersihannya, sangat tidak disarankan untuk menuangkan cairan langsung ke permukaan jok. Jika ini dilakukan, jok akan mengalami kerusakan. Semakin sering dilakukan, jok kulit akan melepuh atau pecah dan perlu diganti yang baru.

Supaya tidak terjadi hal demikian, caranya dengan menuangkan cairan pada kain lap. Tuangkan sedikit saja. Kemudian kain ini dibalurkan pada kulit jok mobil sampai rata.

Kalau digunakan untuk menghilangkan noda yang terlanjur menempel, lakukan pengelapan cukup lama pada bagian tersebut. Pengelapan demikian sudah cukup untuk menuntaskan noda yang membandel.

baca juga jasa cuci karpet jakarta

Tahap Ketiga

Langkah terakhirnya adalah membaluri jok dengan lotion. Lotion ini juga harus sesuai. Lotion fungsinya sebagai pelembut jok.

Cara menerapkannya juga sama dengan tahap kedua. Yakni dibalurkan ke seluruh permukaan kulit jok. Tentunya sembari melakukan penekanan yang lembut.

Sehabis itu, keringkan dengan cara menganginkan jok. Kalau jok masih terpasang, cukup buka pintu kendaraan. Dalam beberapa menit, jok akan kering dan tampilannya berkilau serta lebih harum.

Intinya, pembersihan yang baik terletak pada penerapan cairan itu sendiri. Jika Anda membersihkan jok kulit seperti dijelaskan di atas, jok bisa terhindar dari kerusakan dan mampu bertahan lebih lama.