5 Lokasi Wisata Alam di Kota Incheon

5 Lokasi Wisata Alam di Kota Incheon

Incheon merupakan salah satu kota di Korea Selatan yang terletak di sebelah barat daya ibukota Seoul. Kota Incheon bersama ibukota Seoul dan provinsi Gyeonggi merupakan daerah metropolitan yang membentuk kawasan Daerah Ibukota Nasional Seoul atau disebut Sudogwon. Sejak dibuka sebagai pelabuhan internasional, Incheon menjadi salah satu pusat transportasi terbaik di kawasan Asia Timur Laut.

Sebelum ditetapkan menjadi kawasan pelabuhan internasional pada 1883, Incheon mempunyai populasi hanya 4.700 jiwa. Dengan status sebagai kota pelabuhan internasional serta dengan dibukanya bandara internasional Incheon tahun 2001, kota ini berkembang menjadi kota terbesar ketiga di Korea Selatan setelah ibukota Seoul dan kota Busan. Menurut data sensus tahun 2018, jumlah penduduk Incheon hampir mencapai 3 juta jiwa.

Pertumbuhan kota Incheon yang besar sebagai kawasan industri dan perdagangan membuat kebutuhan akan tempat rekreasi dan wisata juga cukup tinggi. Banyak orang mengira, kawasan wisata Incheon hanya berupa tempat rekreasi buatan dan modern. Namun, sebenarnya kota Incheon memiliki banyak lokasi wisata alam yang cukup indah dan masih asri karena dikelola dengan sangat baik. Berikut adalah 5 lokasi wisata alam di Kota Incheon:

Pulau Muuido

Muuido atau Pulau Muui merupakan sebuah pulau yang terletak di kawasan distrik Jung-gu, Kota Incheon. Pulau ini dapat terlihat dengan jelas dari bandar internasional Incheon karena lokasinya sangat dekat dengan bandara. Dengan selesainya pembangunan jembatan Muuidaegyo pada tahun 2019, pulau yang sebelumnya hanya bisa diakses dengan kapal feri ini bisa dikunjungi melalui jembatan tersebut. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang indah.

Gunung Goryeosan

Gunung Goryeosan adalah sebuah gunung yang berada di kota Incheon dengan ketinggian sekitar 436 meter diatas permukaan laut. Goryeosan terkenal karena pemandangan alamnya yang indah. Selain itu, setiap tahunnya mulai pertengahan hingga akhir April, diadakan festival bunga azalea dengan atraksi utama yaitu pemandangan bunga azalea yang sedang mekar. Untuk mencapai puncak Goryeosan, perjalanan dari kaki gunung biasanya ditempuh dengan waktu antara 1 jam hingga 1,5 jam.

Gunung Manisan

Gunung Manisan merupakan titik tertinggi di pulau Ganghwa yang termasuk dalam wilayah administratif kota Incheon. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 469 meter diatas permukaan laut. Manisan memiliki jalur pendakian populer menuju puncak gunung Manisan yang disebut dengan Chamseongdan. Di puncak ini dibangun altar untuk menghormati Dangun, raja pertama Korea, yang pernah melakukan ritual di puncak Chamseongdan.

Pulau Sindo

Pulau Sindo merupakan sebuah pulau yang berada di lepas pantai kota Incheon. Pulau yang juga dikenal dengan nama pulau Jinyeom ini masih termasuk wilayah kota Incheon. Pada masa dinasti Joseon, pulau ini dikembangkan sebagai kawasan peternakan kuda untuk menyuplai pasukan kerajaan. Pulau ini juga terkenal dengan wisata alamnya seperti puncak Gobongsan, danau Sindo, dan pantai Sugi.

Pulau Baengnyeongdo

Pulau Baengnyeongdo merupakan kawasan wisata alam yang menakjubkan di Incheon. Untuk menuju ke Baengnyeongdo, bisa ditempuh dengan menggunakan boat dengan waktu tempuh sekitar empat jam dari bandara internasional Incheon. Wisata alam yang ditawarkan pulau ini meliputi pemandangan dari formasi terumbu karang yang disebut batu Dumujin, berbagai macam pantai indah seperti pantai Sagot, serta berbagai macam fauna seperti anjing laut, paus, hingga beberapa jenis burung laut.

Jika tertarik mengunjungi Incheon, ada baiknya menggunakan agen tour dan travel untuk membantu mengurus perjalanan. Ada begitu banyak agen tour dan travel yang menawarkan paket wisata Asia dimana salah satunya adalah paket wisata ke Incheon, Korea Selatan. Dengan menggunakan jasa agen, akomodasi dan transportasi akan diuruskan oleh agen sehingga kita bisa lebih fokus untuk berwisata dengan tenang.