Habibie & Ainun 3 Mengisahkan Masa Muda Ainun, Tuai Sambutan Hangat

Habibie & Ainun 3 Mengisahkan Masa Muda Ainun, Tuai Sambutan Hangat

Cinta itu indah. Cinta itu manis. Cinta itu berjuta rasanya. Apa lagi? Setiap orang mungkin memiliki definisi berbeda mengenai cinta. Bagaimanapun, membicarakan soal cinta tidak pernah gagal membuat tiap orang tersenyum tipis, sejenak membayangkan sosok yang dicintai, entah yang masih ada di sisi, atau tidak. Di penghujung tahun 2019 ini, MD Entertainment merilis film seri ketiga dari Habibie & Ainun. Film biografi yang secara garis besar mengisahkan kisah cinta antara Habibie dan istri yang dicintainya, Ainun, ini kembali hadir di layar kaca tanah air.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menuai sambutan hangat dari para penonton setia bioskop tanah air. Menutup tahun 2019 dengan kisah yang manis, Habibie & Ainun 3 ini akan mengisahkan tentang masa lalu Ainun. Film dibawakan dengan Habibie yang mengisahkan tentang Eyang Putri( Panggilan Hasri Ainun Besari) atas permintaan cucu-cucunya. Dalam film kali ini, tokoh Ainun kembali diperankan oleh Maudy Ayunda, sementara tokoh Habibie diperankan oleh Reza Rahardian.

Perjalanan hidup Ainun diceritakan bermula saat dirinya menempuh pendidikan SMA di Dago. Dikisahkan bahwa dulu Habibie bahkan pernah menjuluki Ainun berkulit hitam dan gelap, seperti gula jawa. Ainun kemudian dikisahkan diterima di Universitas Indonesia, di fakultas yang sesuai keinginannya, yaitu Fakultas Kedokteran. Adanya kilas balik mengenai masa pendudukan Jepang yang membuat Ainun dan Ibunya sempat harus bersembunyi membuat kenangan akan masa lampau semakin ditonjolkan.

Selanjutnya, berbagai peristiwa yang dialami Ainun, mulai dari kesulitan menjadi mahasiswi sampai prestasinya sebagai lulusan dengan nilai tertinggi juga tidak dilewatkan.

Tiap proses yang dihadapi Ainun, seperti menjalani kuliah kerja praktik dan mengabdi pada masyarakat tidak berjalan mulus. Berbagai cobaan menimpa Ainun, namun dirinya tetap dengan segenap hati membantu orang yang sakit. Kilas balik mengenang Ainun yang dituangkan dalam bentuk cerita ini dengan sukses merebut hati para penonton dan mengedukasi di saat yang bersamaan.

Rilis bersamaan dengan film Imperfect yang juga diperankan oleh Reza Rahardian pada 19 Desember lalu, film Habibie & Ainun 3 menuai sambutan positif dari para penonton. Film ini bahkan juga ditayangkan di Malaysia seminggu setelahnya, yaitu pada 26 Desember 2019. Penghasilan film ini pada minggu pertama penayangan mencapai posisi pertama pada periode 16-22 Desember.