Top 4 Kegunaan Aluminium

Top 4 Kegunaan Aluminium

Aluminium adalah unsur ketiga yang paling melimpah di bumi, dan tidak ada logam lain dibandingkan dengan fleksibilitasnya. Ini umumnya digunakan di berbagai industri dan sangat populer karena manfaat berikut:

  • Kuat
  • Ringan
  • Tahan lama
  • Tahan terhadap korosi
  • Lunak
  • Elastis
  • Tidak berbau
  • Konduktif
  • Tidak mudah terbakar

Aluminium dapat didaur ulang 100% tanpa kehilangan sifat alami. Proses daur ulang hanya membutuhkan 5% dari energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan bahan baru dari tanah, menghemat biaya. Dengan karakteristiknya, aluminium dapat digunakan secara efisien di berbagai industri termasuk arsitektur, transportasi, barang konsumen, dan produk listrik.

Untuk apa ini digunakan?

Arsitektur

Karena aluminium kuat dan ringan, aluminium sangat ideal untuk aplikasi arsitektur. Rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi berarti bahwa itu dapat diperbaiki untuk bangunan menggunakan bahan pengikat yang lebih sedikit daripada baja misalnya. Digunakan sebagai panel cladding sebagai lembaran dan kerangka panel sebagai ekstrusi, itu adalah radiator panas yang baik dan dengan finishing anodisa, itu membutuhkan perawatan minimal.

Karena itu juga relatif mudah untuk dibuat, dapat dipotong, melengkung, menekan dan dilipat sesuai gaya yang diinginkan dan tampilan kebutuhan arsitek. Hal ini memungkinkan para arsitek modern memiliki kebebasan dalam menciptakan bangunan yang mereka inginkan dan mencapai perawatan permukaan yang diperlukan seperti anodising. Contoh yang baik tentang bagaimana aluminium telah digunakan untuk meningkatkan desain dan kepraktisan bangunan adalah Greenwich Energy Center.

Angkutan

Aluminium digunakan untuk transportasi karena berat dan kekuatannya. Dengan bobot yang lebih ringan, kendaraan lebih mudah bermanuver dan mengemudi, sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Penggunaan aluminium yang umum dalam transportasi adalah untuk aplikasi aeronautika dan tempat duduk pesawat. Meskipun bukan logam yang paling tahan lama, logam ini membantu meningkatkan kekuatan logam lainnya saat digabungkan. Industri otomotif sangat bergantung pada penggunaan aluminium dan baja karena memberi mereka efisiensi bahan bakar dan mengelola untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Ini memungkinkan pengembang untuk mengurangi berat kereta untuk mengurangi hambatan gesekan.

Barang konsumsi

Karena aluminium lebih mudah ditangani dan efisien, aluminium biasanya digunakan dalam produksi berbagai barang konsumen. Dari TV layar datar, laptop, tablet, smartphone, dan bahkan beberapa barang rumah tangga, aluminium membuatnya terlihat modern namun canggih dengan sentuhan akhir.

Logam ini memiliki konduktivitas panas yang sangat baik yang berarti bahwa banyak digunakan sebagai heatsink pada peralatan listrik.

Kelistrikan

Aluminium memiliki kerapatan rendah yang menjadikannya pilihan yang baik untuk saluran listrik jarak jauh. Ini lebih ulet dibandingkan dengan tembaga, yang membuatnya mudah digabungkan dengan kabel. Menjadi tahan terhadap korosi sangat bermanfaat dalam industri listrik untuk melindungi kabel dari elemen keras.