Lokasi Strategsis Untuk Usaha Menjadi Faktor Keberhasilan?

Lokasi Strategsis Untuk Usaha Menjadi Faktor Keberhasilan?

Ada banyak faktor penentu keberhasilan dalam sebuah usaha.Yang paling utama tentunya adalah niat dan tekad.Itu menjadi sebuah landasan pembangun yang sangat diperlukan dalam mendirikan sebuah usaha.

Nah, selain adanya tekad dan niat yang kuat, apalagi faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha? Ada banyak tentunya seperti dibawah ini :

  • Manajemen pemasaran yang baik
  • Modal yang cukup
  • Mengetahui target pemasaran dengan tepat
  • Inovasi dan kreativitas yang berkembang
  • Jaringan keluar yang luas
  • Lokasi usaha yang strategis?

 

Benarkah lokasi strategis untuk usaha merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan?

Simak penjelasannya.

Lokasi Strategsis Untuk Usaha Menjadi Faktor Keberhasilan?

keberhasilan usaha

IYA.

Langsung to the point saja.Memang benar lokasi usaha yang strategis tentunya menjadi penentu keberhasilan sebuah usaha, terlebih lagi jika usaha yang dijalani adalah usaha yang langsung terjun ke lapangan seperti usaha makanan atau bengkel.

Kenapa dikatakan lokasi yang strategis juga mempengaruhi keberhasilan?

Kita lihat dari contoh.

Semisal Anda sedang dalam sebuah perjalanan, lalu tiba-tiba Anda merasa lapar dan berniat ingin mampir ke sebuah restoran terdekat Anda sekarang.Anda melihat ada sebuah restoran yang mudah dilihat, mudah diakses, dan lahan parkirnya luas.Lalu Anda melihat lagi ada sebuah restoran yang tidak terlalu mudah dilihat, sangat susah dijangkau menggunakan kendaraan Anda, belum lagi memiliki lahan parkir yang sempit.

Mana yang akan Anda pilih?

Restoran yang pertama pastinya.Kenapa? Karena lokasi restoran tersebut strategis, sangat mudah untuk Anda jangkau, dan tentunya Anda bisa parkir dengan nyaman.

Sudah berhasil lihat sekilas keuntungan dari lokasi usaha yang strategis kan?

Memang sangat menguntungkan, tapi menentukan lokasi usaha yang strategis bukan hanya dengan syarat mudah dilihat, mudah diakses, dan lahan parkir luas saja.Ada beberapa syarat lain yang Anda harus perhatikan.

Syarat Lokasi Dikatakan Strategis

  • Lokasi Ramai Bukan Padat

lokasi ramai

Mungkin sekilas tampak sama, tapi nyatanya tidak.Ramai lebih cenderung mengarah pada ada orang banyak orang yang menempati lokasi tersebut, tapi masih memiliki space untuk kendaraan atau hal lainnya.

Sedangkan padat lebih cenderung kepada suatu hal yang ramai tapi space untuk kendaraan sangat kurang.Saat akan memasuki usaha yang Anda dirikan cenderung susah karena kepadatannya yang menyusahkan.

Sudah memiliki gambaran untuk keduanya kan?

  • Bisnis Serupa Tidak Kumpul Dalam Satu Tempat

bisnis sama

Maksudnya?

Anda mendirikan sebuah usaha pasti memiliki kompetitor, bayangkan saja jika Anda mendirikan sebuah usaha di tempat yang banyak usaha serupa berdiri disana juga, pasti pengunjung untuk mendatangi usaha Anda belum tentu banyak.Terlebih jika usaha Anda tergolong baru, itu akan semakin susah lagi.

Memang banyak orang cenderung menyukai hal yang baru, tapi jika yang baru belum jelas kejaminannya maka tidak sedikit juga mendatangi usaha-usaha lama.Kecuali jika memang produk atau bisnis yang Anda berikan memiliki kualitas yang tinggi dan ramah kantong, itu bisa menjadi daya tarik bagi pelanggan.

  • Kenyamanan dan Keamanan Terjamin

tempat nyaman

Pastikan Anda memilih tempat usaha yang selain mendatangkan kenyamanan tapi juga keamanannya kuat untuk dijadikan usaha.Seperti tempatnya terjamin bersih lingkungannya dan tidak berpotensi terkena rawan bencana.

Nah, sudah tahu kan kebenaran tentang faktor keberhasilan usaha juga dilihat dari lokasinyayang strategis?  Sekarang jika Anda berniat ingin mendirikan sebuah usaha di tempat yang nantinya sudah Anda pilih, maka Anda bisa membangun usaha Anda bersama perusahaan kontraktor Adiprana Santosa Indovesco di Jakarta.

Semoga bermanfaat.