10 Tempat Wisata Menakjubkan Yang Ada Di Malta

10 Tempat Wisata Menakjubkan Yang Ada Di Malta

Dikelilingi oleh lautan biru yang dalam di tengah-tengah lautan Mediterania, negara Malta memiliki berbagai hal yang mengagumkan. Malta merupakan sebuah negara kepulauan di Eropa dengan tiga pulau utama yang berpenghuni yaitu Malta, Gozo, dan Comino. Lokasinya berada di sebelah selatan pulau Sisilia, Italia dan berada cukup dekat dengan negara Tunisia di wilayah Afrika Utara.

Negara kecil di laut Mediterania ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh turis. Banyak turis yang datang ke Malta untuk menikmati pantai indah ataupun melihat berbagai bangunan bersejarah yang ada di negara tersebut. Turis mancanegara biasanya menggunakan paket wisata Eropa dengan tujuan Malta untuk berlibur di salah satu negara terkecil di dunia ini.

Berikut adalah 10 tempat wisata menakjubkan di negara Malta yang banyak dikunjungi oleh para turis mancanegara:

Ibukota Valletta

Valletta adalah ibukota Malta yang dibangun oleh para Ksatria Hospitaller pada pertengahan abad ke 16. Ibukota Malta ini berada di antara dua pelabuhan alami yaitu Marsamxett dan Port Valetta. Ada banyak tempat menarik di Valletta seperti Ko-Katedral Santo Yohanes, Istana Grandmaster, dan Benteng Valletta.

Desa Popeye

Untuk wisatawan yang berlibur bersama keluarga, desa Popeye merupakan pilihan wisata terbaik di Malta. Objek wisata yang menarik ini awalnya dibangun sebagai properti untuk film Popeye di tahun 1980-an. Sekarang desa Popeye merupakan sebuah museum terbuka yang menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis.

Pulau Gozo

Gozo merupakan salah satu dari 3 pulau utama yang berpenghuni yang ada di negara Malta. Pulau ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal feri dari Cirkewwa di Pulau Malta. Beberapa objek wisata menarik disini adalah pantai Ramla Bay, Kuil Ggantija, dan benteng kota Vitoria.

Blue Lagoon (Comino)

Blue Lagoon adalah sebuah laguna dengan laut biru yang jernih dengan pantai berpasir putih. Pemandangan lagunanya seolah-olah seperti sebuah kolam renang alami dengan air yang sedang dan tanpa ombak. Laguna ini banyak dikunjungi oleh turis untuk berjemur, berenang, snorkeling, dan berbagai olahraga air lainnya.

Kuil Tarxien

Salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO yang ada di Malta adalah kuil Tarxien. Kompleks situs arkeologi kuil Tarxien adalah kompleks kuil yang berasal dari tahun 3150 Sebelum Masehi. Situs ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan dari mancanegara.

Siggiewi

Siggiewi merupakan sebuah desa tradisional di lembah Girgenti yang berada di sebelah tenggara pulau Malta. Desa tradisional ini memiliki sebuah gereja bergaya Baroque yaitu gereja Saint Nicholas rancangan Lorenzo Gafa. Setiap akhir bulan Juni, dari kamis hingga minggu, terdapat sebuah perayaan yang disebut Siggiewi Festa.

Hypogeum Hal Saflieni

Selain kuil Tarxien, di Malta juga terdapat kompleks kuil lainnya yang bernama Hypogeum Hal Saflieni. Hypogeum sendiri merupakan sebutan untuk situs kuil atau makam yang ada di bawah tanah. Area kuil bawah tanah ini diperkirakan berasal dari era Neolitikum sekitar tahun 4000 Sebelum Masehi.

Pantai Golden Bay

Di bagian barat laut pulau Malta terdapat salah satu pantai terindah yaitu pantai Golden Bay. Pantai ini merupakan spot favorit bagi para turis karena memiliki pasir berwarna keemasan. Selain itu, laut nya juga cukup tenang dan bersih sehingga aman untuk berjemur maupun berenang.

Mdina

Mdina menawarkan sebuah pemandangan kota yang menakjubkan dan seolah seperti berada dalam dunia dongeng. Untuk masuk ke kota yang dibangun diatas bukit ini, pengunjung harus melewati Gerbang Vilhena. Landmark terpenting dari kota Mdina yang banyak dikunjungi oleh turis adalah Katedral Saint Paul.

Tebing Dingli

Objek wisata penting lainnya yang ada di Malta adalah tebing Dingli di dekat desa Dingli. Tebing ini menawarkan pemandangan menarik dari panorama tepi laut Mediterania yang biru dan tenang. Dari atas tebing Dingli, para turis bisa melihat pemandangan Pulau Filfla dan istana Verdala.