Waktu Yang Tepat Bagi Ganti Gir Motor Aus

Waktu Yang Tepat Bagi Ganti Gir Motor Aus

Rantai dan gir adalahsatu kesatuan supaya keduanya bisa berkerja dengan baik. Tidak hanya rantai yang butuh diperhatikan, gir juga perlu perawatan.

Ridwan Arifin, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menuliskan perawatan gir khususnya gir belakang tidak sulit, lumayan melihat kondisinya apakah telah aus atau tidak.

“Untuk unsur gir lumayan diperhatikan unsur mata gir. Jika unsur ujung mata gir telah meruncing, tersebut berarti gir telah waktunya diganti,” kata Ridwan belum lama ini.

Ridwan mengatakan, penggantian gir dan rantai umumnya masing-masing 25.000 Km. Namun tergantung pun dari teknik berkendara. Makin tidak jarang motor disuruh melewati jalan rusak kian cepat gir aus.

Ridwan mengatakan, umumnya fenomena gir dan rantai telah harus diganti dimulai dengan bunyi kasar ketika berkendara.

“Suara ini hadir dari unsur rantai. Bagi menghilangkannya, dapat dengan melumasinya pulang atau menata keregangannya lagi,” katanya.

Jika masih dapat diatur keregangannya dan suara kasar hilang ketika dilumasi, berarti rantai masih belum perlu guna diganti. Namun, sudah mengindikasikan tanda-tanda hadir keausan.

“Jika hendak mengubah gir dan rantai, usahakan dilaksanakan bersamaan. Jangan terpisah, supaya performa sistem penggerak tetap optimal,” ucap Ridwan.

Sumber : http://chilp.it/cfc8a7f