cara membuat masker kopi untuk wajah cantikmu

cara membuat masker kopi untuk wajah cantikmu

cara membuat masker kopi – Tidak hanya digunakan sebagai minuman penunda rasa kantuk, kopi juga bisa dijadikan masker untuk perawatan kulit. Ya, masker kopi terkenal itu menyimpan berbagai manfaat lain yang sayang untuk Kamu lewatkan. Salah satunya adalah masker wajah dari kopi.

Manfaat masker kopi untuk wajah diperoleh dari adanya berbagai kandungan nutrisi penting seperti riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa antioksidan.

Seluruh kandungan nutrisi dalam kopi dibutuhkan oleh wajah untuk menjaga kesehatannya. Untuk itu, Kamu bisa memanfaatkan manfaat kopi untuk wajah dengan menjadikannya masker.

Masker kopi sangat mudah dibuat di rumah. Cukup menggunakan alat dan bahan-bahan sederhana, Kamu sudah bisa merasakan manfaat masker kopi untuk wajah. Panduan berikut membuat masker kopi alami yang bisa Kamu coba di rumah:

Metode 1

  1. Siapkan 1 cangkir bubuk kopi bubuk kasar dari olahan grinder kopi dan 1 cangkir minyak kelapa murni (VCO) dari mesin minyak kelapa. Bisa juga menggantinya dengan minyak lain pilihan Kamu, misalnya minyak zaitun.
  2. Campurkan semua minyak kopi bubuk dan bubuk ke dalam mangkuk. Jika Kamu menggunakan minyak kelapa, pertama-tama Kamu bisa melelehkan minyak kelapa dalam microwave selama 20-30 detik.
  3. Aduk semua bahan menjadi adonan kasar.
  4. Kamu dapat menggunakan masker atau masker khusus dengan tangan Kamu.
  5. Oleskan masker kopi secara merata ke seluruh tubuh Kamu, termasuk area wajah dan selulit, dengan pijatan gerakan memutar.
  6. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.
  7. Ulangi setidaknya dua kali seminggu

Metode 2

  1. Siapkan 2 sendok makan kopi bubuk dan 1 sendok makan yogurt tawar.
  2. Campur semua bahan dalam mangkuk.
  3. Oleskan masker kopi secara merata ke kulit wajah dan leher Kamu.
  4. Pijat dengan lembut di area tersebut dan biarkan selama beberapa menit.
  5. Bilas hingga bersih dengan air hangat.
  6. Gunakan setidaknya dua kali seminggu.

Metode 3

  1. Siapkan 1 cangkir garam laut atau garam epsom, 2 sendok makan kopi bubuk, dan 1/4 cangkir minyak kelapa murni.
  2. Campur semua bahan dalam wadah lalu aduk.
  3. Di kamar mandi, oleskan masker kopi secara merata ke seluruh tubuh dengan pijatan melingkar ringan.
  4. Perhatikan area yang kasar dan kering seperti siku dan lutut.
  5. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.
  6. Minyak kelapa dapat membuat lantai atau bak mandi Kamu licin, jadi harap berhati-hati.

Sebelum membuat masker kopi, pertimbangkan ini dulu!

Kopi dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit Kamu. Namun, ingat bahwa kopi bukan satu-satunya bahan perawatan kulit, atau bahkan yang terbaik, untuk Kamu. Ada banyak pilihan efektif lain untuk membantu merawat kulit Kamu.

Apa pun produk perawatan kulit yang Kamu gunakan, perlu waktu untuk bekerja. Jadi, jangan berharap untuk mendapatkan hasil instan.

Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, penting untuk diketahui bahwa bahan-bahan ini tidak selalu aman bagi sebagian orang. Jika jenis kulit Kamu sensitif, jangan pernah mencoba perawatan kulit yang ceroboh, sekalipun Kamu memang menggunakan bahan alami.

Jangan pernah menggosok kulit Kamu terlalu kencang, apa pun jenis kulit Kamu. Kebiasaan ini justru bisa mengiritasi kulit. Berkonsultasi dengan dokter kulit adalah solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang Kamu alami.

Sayangi kulitmu dengan tidak ceroboh melakukan perawatan tanpa didampingi ahli. Terlebih lagi jika memang kulitmu sensitif, maka perawatannya juga lebih intens dan tidak sembarangan. Semoga ulasan cara membuat masker kopi ini bermanfaat ya.