Cara Membuat Keripik Usus Ayam Tidak Bau

Cara Membuat Keripik Usus Ayam Tidak Bau

cara membuat keripik usus ayam – Mungkin Anda akrab dengan kata keripik usus ayam. Keripik usus ayam adalah makanan hewani yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan pilihan.

Dengan rasa gurih dan renyah, keripik usus ayam cocok untuk camilan Anda di sekolah, rumah, hang out, dll.

Makanan yang terbuat dari jeroan ayam sangat populer di banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.

Keripik usus ayam mudah ditemukan di mana saja. Di pasar, warung terdekat, toko, dan bahkan mal.

Tapi apa salahnya jika kita membuatnya sendiri. Nah, di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat keripik usus ayam.

  1. Cara Membuat Keripik Usus Ayam

Bahan:

  • 1/2 kg usus ayam (beli yang direbus) dipotong panjangnya 5 cm
  • Berikan kapur sirih secukupnya
  • Bahan pelapis;
  • 15 sendok makan tepung (saya Cakra)
  • 5 sendok makan tepung jagung
  • Untuk mencicipi bubuk lada (sesuai selera)
  • rempah-rempah yang diasinkan;
  • 8 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit 1 butir telur (kocok) Untuk merasakan garam / bumbu

cara membuat keripik usus ayam:

  1. Cuci usus sampai bersih. Rendam menggunakan air kapur sirih selama 1 jam. Intinya adalah agar kadar air dalam usus berkurang
  2. Giling rempah-rempah, masukkan ke dalam wadah yang diisi dengan usus, aduk. Simpan di lemari es (semalam)
  3. Campur pelapis: tepung, tepung jagung, bubuk lada.
  4. Masukkan beberapa usus ke dalam bahan pelapis. Aduk menggunakan sendok lalu tekan. Ayak kasar, sisihkan.
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang menggunakan vacuum frying untuk hasil lebih baik.
  6. Setelah matang dan dingin, masukkan ke dalam toples atau disimpan di ruangan yang dingin seperti ruangan AC yang bisa dipasang oleh service ac jogja terdekat.. Dapat digoreng dengan daun jeruk jika harum.

Cara Memilih Usus Ayam

Usus ayam yang dijual di pasar atau di toko terdekat belum tentu bagus. Beberapa sudah tua, beberapa diberikan formalin sehingga mereka bertahan lama.

Karena itu, sebelum Anda memasak usus ayam Anda juga perlu tahu cara memilih usus ayam yang masih bagus. Dan saya akan memberi Anda beberapa tips.

  1. Warna Kekuningan Segar

Usus ayam yang baik memiliki warna putih kekuningan. Sementara itu, jika warnanya pucat kebiru-biruan dan terlalu mencolok, itu berarti kualitasnya tidak bagus.

  1. Tekstur tidak Chewy

Tekstur usus baik jika kita pegang terasa lembut. Jika Anda menemukan usus ayam dengan tekstur kenyal, jangan membelinya. Usus ayam yang dikonsumsi dengan baik memiliki bau amis alami yang masuk akal dan tidak menyengat saat dicium.

  1. Jika Beli di Supermarket, Periksa Tanggal Pengemasan

Anda harus tetap teliti sehingga Anda bisa mendapatkan usus ayam kualitas terbaik. Anda melakukan ini dengan memeriksa tanggal pengemasan dan juga apakah kemasannya rusak atau tidak.

  1. Cara Membersihkan dan Mengolah Usus Ayam

Cara membersihkan usus ayam agar tidak berbau amis juga tidak terlalu sulit jika Anda tahu cara membersihkannya. Tapi itu membutuhkan kesabaran untuk membersihkannya untuk menghasilkan hidangan olahan atau lezat.

Untuk menghilangkan kotoran ikan dan tinja yang mencurigakan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Usus ayam tidak cukup jika hanya dicuci. Perlu bahan tambahan untuk membersihkannya. Yuk simak tips di bawah ini.

  1. Cuci Usus Ayam berkali-kali hingga benar-benar bersih lalu diasinkan dengan menggunakan jeruk nipis

Karena usus ayam adalah jeron ayam dan saluran pencernaannya, usus ayam harus membersihkannya sampai kotorannya hilang. Cuci usus ayam dengan menggunakan air mengalir dan bersihkan dilakukan berulang kali sekitar 3 kali. Cuci area mana saja, terutama di antara lipatan usus, yang biasanya banyak bersarang kotoran.

Setelah membersihkan kotoran, lalu lapisi usus ayam dengan lemon sehingga bau amisnya hilang. Rendam usus ayam selama 10 menit sebelum akhirnya diproses.

  1. Rebus Usus Ayam Menggunakan Jahe, Daun Salam,

    dan Lengkuas

Usus ayam perlu direbus terlebih dahulu sebelum diproses sehingga bau yang lembut dan amis hilang sepenuhnya. Rebus usus ayam dalam air mendidih, lalu tambahkan jahe, lengkuas, dan daun salam untuk menghilangkan bau amis. Rebus dalam 5 menit. Setelah itu, tiriskan usus ayam dan buang air besar.

  1. Ganti Air dan Rebus Usus Ayam Kembali Sampai Matang

Agar tekstur usus ayam lunak dan matang maka Anda harus merebusnya lagi. Kali ini, gunakan air kelapa sebagai air rebusan. Air kelapa membuat usus ayam cepat empuk dan menambah rasa gurih saat dimakan. Rebus selama sekitar 5 menit agar hasilnya empuk dan matang.