Cara Menghindari Penipuan saat Liburan di Turki

Cara Menghindari Penipuan saat Liburan di Turki

Orang-orang Turki, pada dasarnya, ramah, baik dan murah hati. Mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan teman baru dan membantu Anda menemukan apa yang hebat tentang negara mereka.

Yang buruk? Nah, itu cerita yang berbeda. Mereka mengambil semangat orang-orang Turki yang murah hati dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat mereka manfaatkan untuk keuntungan egois mereka sendiri.

Berbekal beberapa hal utama yang harus diwaspadai, Anda dapat dengan cepat memisahkan hal baik dan buruk, khususnya penipuan atau scaam, saat berlibur ke negara tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa cara menghindari penipuan saat liburan di Turki.

1. Ketika orang asing menawarkan minuman

Bagi kebanyakan orang, tawaran minuman dari orang asing mungkin membuat Anda merasa curiga.

Tapi merupakan hal umum bagi orang untuk menawarkan minuman di Turki, terutama di Istanbul. Namun, tak semua penawaran tersebut bersifat sukarela.

Salah satu penipuan yang paling lazim adalah penawaran minuman yang sederhana. Interaksinya pun akan sederhana: Seorang pria akan mendekati Anda, menyapa dan terlibat dalam percakapan tentang kehidupan dan perjalanan Anda. Dia kemungkinan besar akan mengungkapkan sedikit tentang dirinya ketika ditanya, dan akan menyimpang sedikit ke dalam percakapan spontan.

Selanjutnya, dia mungkin akan menawarkan untuk membawa Anda ke bar atau restoran di mana dia tahu anggur terbaik, atau kebab terbaik, atau wanita Turki terbaik – dia bersikeras Anda bergabung dengannya.

Ketika Anda berada di dalam “tempat rahasia”, kemungkinan Anda akan didekati oleh sekelompok wanita menarik yang akan mencoba memaksa Anda untuk membeli beberapa minuman.

Setelah beberapa minuman, Anda mungkin mulai mendapatkan tagihan. Ketika tagihan datang, Anda mungkin akan kaget, karena harganya tidak masuk akal untuk sekedar beberapa minuman.

Setelah tagihan dikirim, saat itulah segalanya menjadi hal buruk. “Teman” Anda mungkin akan memihak pemilik bar, yang sekarang akan diapit oleh beberapa asisten besar. Kemudian, Anda menemukan diri Anda di ATM mengambil uang tunai setelah ancaman kekerasan karena tidak membayar.

Namun, ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan untuk memastikan Anda tidak berakhir dalam situasi ini – yang telah dialami banyak wisatwan.

  • Jika “teman” baru Anda terlihat janggal, sepertinya ia bereaksi dari naskah yang sudah disiapkan, atau mengelak ketika ditanyai tentang kehidupan pribadinya – maka Anda harus menghindarinya.
  • Jika “teman” baru Anda bersikeras bahwa Anda hanya pergi ke bar khusus ini yang dia tahu, dan tidak mau berkompromi pada suatu alternatif, maka dia mungkin merencanakan penipuan.
  • Hanya terima minuman yang telah Anda atau pelayan tuangkan. Berhati-hatilah dengan apa yang masuk ke mulut Anda. Minuman, permen, permen karet – semuanya ditawarkan secara gratis. Aturan sederhananya adalah “pikirkan tiga kali” tentang apa yang Anda masukkan ke mulut Anda di negara asing.

2. Cara mengetahui bahwa Anda membeli karpet yang asli di Turki

Berhati-hatilah: Jika Anda pergi ke Turki, seseorang akan mencoba menjual karpet kepada Anda.

Para penjual bisa sangat memaksa dan sangat persuasif. Mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan penjualan. Para penjual karpet yang licik ini pasti melakukan sesuatu yang akan merugikan Anda. Setiap tahun ribuan pelancong yang kebingungan pulang ke rumah dari Turki dengan berton-ton karpet.

Tapi, sementara kesenangan dan permainan salesman yang gigih adalah bagian dari pengalaman orang Turki, ada beberapa penipuan yang harus diperhatikan:

  • Sebagian besar penjual menjual bahan berkualitas baik, tetapi ada kemungkinan Anda akan mendapatkan karpet yang diimpor dari Cina menggunakan bahan sintetis. Untuk mengidentifikasinya, Anda perlu melakukan riset sendiri, tetapi pastikan Anda meluangkan sedikit waktu jika Anda ingin membeli.
  • Selalu atur aspek pengirimannya sendiri. Ini karena, banyak orang menyebutkan permadani mereka tidak pernah datang dari penjual yang berjanji akan mengirimkan barang.

3. Bagaimana Anda dilindungi oleh asuransi perjalanan di Turki

Jika Anda menemukan diri Anda di bawah rayuan “teman” dan berakhir dengan uang curian atau harta pribadi, satu-satunya cara Anda dapat mengajukan klaim adalah jika Anda tidak mabuk. Mengingat keadaan yang kita diskusikan biasanya melibatkan alkohol, Anda harus ingat bahwa jika Anda jatuh di bawah pengaruh penipu yang cerdik dan berada di bawah pengaruh alkohol, kemungkinan Anda tidak dapat melakukan klaim asuransi.

Jika Anda dengan tidak sengaja diberi obat bius dan dapat membuktikan kepada polisi bahwa ini benar, Anda dapat mengajukan klaim atas cedera yang Anda derita, atau untuk barang apa pun yang Anda miliki yang dicuri.

Itulah beberapa cara menghindari penipuan saat liburan di Turki. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi sebelum mengunjungi negera tersebut. Atau, jika Anda ingin aktivitas traveling Anda dapat dilakukan dengan nyaman, maka Anda dapat memilih paket wisata ke luar negeri yang ditawarkan oleh beberapa agen pariwisata.